Trensains School

  • Post published:March 28, 2018
  • Post category:ARTIKEL
Trensains School

Menjadi madrasah unggul bukan hanya dengan menonjolkan tampilan fisik madrasah yang megah dan mentereng, namun ada hal lain di dalam penyelenggaran pendidikan di madrasah yang harus dipersiapkan. Dalam penyelenggaran pendidikan harus melibatkan banyak unsur untuk menciptakan suasana akademik yang mendukung, baik itu dari tenaga pendidik, tenaga kependidikan, yayasan, komite dan juga peserta didik. Semua komponen tersebut menjadi tulang punggung keberhasilan dalam pencapaian madrasah unggulan. Jika semua unsur itu sudah mempunyai mimpi yang sama, maka tinggal menyusun program-program apa saja yang akan direncanakan agar mampu menyandang predikat sebagai madrasah unggulan.

Mimpi menjadi madrasah unggulan ini juga menghinggapi semua stakeholders  yang ada di MAM 02 Model. Hal itu terlihat ketika diadakan musyawarah bersama stakeholders  madrasah terkait rencana pengembangan MAM 02 menjadi madrasah unggulan, banyak saran-saran yang konstruktif muncul dari wali murid, komite, yayasan, dewan guru dan bahkan dari alumni yang dihadirkan. Mimpi menjadi madrasah unggulan itu kemudian di breakdown  dalam rencana kerja lima tahun ke depan untuk menjemput kesuksesan sebagai madrasah unggulan. Program keunggulan tersebut adalah sebagai berikut.

  1. Unggul dalam Tahfidz al Qur’anTahfidz al Qur’an adalah sangat penting bagi siswa MAM 02 Unggulan karena  orang tua mereka menginginkan anaknya bisa hafal  Al-Qur an, untuk menjadi imam dikeluarga, di musholla atau di masjid kelak.  Allah SWT berfirman : ”Sesungguhnya Al-Qur’an ini memberikan petunjuk kepada jalan yang lebih lurus dan memberikan kabar gembira kepada orang-orang mukmin yang mengerjakan amal shalih bahwa bagi mereka ada pahala yang besar” (QS. Al-Isra : 9), Al Qur’an menjanjikan kebaikan, berkah, dan kenikmatan bagi penghafalnya : “Sebaik-baik kalian adalah yang mempelajari Al Qur’an dan mengajarkannya” (HR. Bukhari dan Muslim). Al Qur’an akan menjadi penolong (syafa’at) bagi penghafal, Dari Abi Umamah ra. ia berkata, “Aku mendengar Rasulullah SAW bersabda, “Bacalah olehmu Al Qur’an, sesungguhnya ia akan menjadi pemberi syafa’at pada hari kiamat bagi para pembacanya (penghafalnya).”(HR.Muslim).
    Untuk itu, selain mengasah intelektual juga spiritual siswa perlu dibangun. MA Muhammadiyah 02 Model  juga berkeinginan bisa menunjukkan prestasi dalam bidang muatan lokal yakni Tahfidz al Qur’an.
  2. Kebahasaan (Penguasaan Bahasa Inggris dan arab)        Kebutuhan terhadap penguasaan bahasa menjadi hal yang sangat urgen dalam era globalisasi ini, khususnya bahasa inggris. Sebagai alat komunikasi internasional, bahasa Inggris merupakan kebutuhan semua kalangan, termasuk dalam lembaga pendidikan. Penguasaan bahasa inggris sangat penting bagi peserta didik untuk memahami ilmu – ilmu sains dan ilmu terapan lainnya dan sekaligus penunjang bila melanjutkan ke perguruan tunggi. Selain itu, literatur mengajar bagi guru pun saat ini sudah banyak yang menggunakan bahasa inggris, maka tak ayal bagi tenaga pendidik pun juga harus menguasai bahasa inggris untuk menunjang pembelajaran mereka di kelas, begitu juga bahasa Arab  sangat urgen untuk memahami al Qur’an dan as Sunnah.
  3. Unggul Dalam ICT                                                                                         Perkembangan dunia teknologi dan informasi saat ini merupakan sebuah keniscayaan yang tidak dapat dibendung. Hampir semua sektor telah memanfaatkan perkembangan teknologi dan informasi dalam menunjang kinerjanya. Teknologi dan Informasi menjanjikan sebuah kecepatan dan keakuratan dalam menunjang keberhasilan sebuah pekerjaan. Banyak aspek dalam kehidupan saat ini yang semuanya berbasis pada kecanggihan teknologi dan informasi. Hal ini berimbas juga pada ranah pendidikan. Jika dahulu seorang tenaga pendidik hanya menjelaskan materi pelajaran lewat cerita dan mengarang, dengan adanya perkembangan dunia teknologi dan informasi telah banyak mengubah hal itu. Saat ini, media pembelajaran berbasis teknologi dan informasi telah banyak membantu tenaga pendidik yang ada di lembaga pendidikan untuk menjelaskan secara visual tentang materi-materi yang diajarkan di kelas. Hal ini membuat peserta didik tidak lagi harus membayangkan sesuatu yang dijelaskan oleh guru di depan kelas. Mereka bisa langsung melihat secara detail terkait materi-materi yang disampaikan oleh guru lewat media pembelajaran berbasis IT.
  4. Trensains                                                                                                                        Program ini in syaa Allah akan diselenggarakan mulai tapel 2018/2019, apa yang ingin dicapai dari program sains ini ? dalam hal ini mamda akan memadukan antara ayat ayat kauniyah dan ayat ayat al Qur’an dengan sains. bersambung. alfaqir

Leave a Reply